Senin, 03 Agustus 2009

positf dan harga diri

menjadi positif adalah sebuah hal baik dan sangat berguna, itu katanya .... kadang pada saat amarah timbul, saya rasa hal itu bukan hal yang baik dengan berusaha positif, apalagi bila mengenai harga diri.... kita tidak mungkin bisa membiarkan diri kita tetap positif.

Tapi ternyata saya salah... sikap positif itu sangat baik, malah apabila kita berhadapan dengan orang yang berusah menghancurkan harga diri kita.

Mungkin kita salah mengartikan arti bersikap positif, sehingga kita menanggapi dengan salah..
saya jadi ingat dengan apa yang dinasehati salah satu narasumber di radio Buddhaghosa, Bhikkhu Dhammadhiro yang mengatakan , " kadang orang mengucapkan sesuatu itu berbeda maknanya, mungkin tujuan dia agar kita menjadi baik, tapi disampaikan dengan cara yang salah, kita harus lebih bersabar dengan mendengarkan maksud penyampaiannya, kita harus ingat hubungan yang kita bina dengan bertahun - tahun akan berakhir hanya karena emosi sesaat dari diri kita masing2" kira- kira seperti itu garis besarnya..

Ya, saya rasa hal itu benar, dan saya akan lebih memilih berprilaku positif dari pada semuanya tambah hancur karena ego saya sendiri...

Semoga emosi saya selalu dapat terkendali baik..

Tidak ada komentar: